Optimalisasi Layanan Digital Bagi Pengelola Website Unit Kerja

optimasi layanan digital
techies

Senin 18 September hingga 20 September 2023 UPA Teknologi Informasi dan Komunikasi digandeng oleh Bagian Kepegawaian Universitas Jember sebagai fasilitator dan pendamping dalam acara Optimalisasi Layanan Digital Bagi pengelola Website Unit Kerja Universitas Jember.

Dalam acara yang berlangsung selama tiga hari di Taman Agroteknologi Universitas Jember (Jubung), semua pengelola layanan digital (website) digembleng untuk bisa mengadaptasi perkembangan teknologi terkini. Berbagai aspek dalam pengelolaan layanan digital ini disampaikan oleh para fasilitator dengan sangat detail.

Materi yang disampaikan oleh fasilitator dari UPA TIK mencakup penggunaan Virtual Private Server (VPS) bagi masing-masing unit, pembahasan Web Engine, pengelolaan jenis data digital, dan keamanan layanan digital itu sendiri. Diharapkan dengan materi-materi ini, pengelolaan dan pengembangan layanan digital di Universitas Jember bisa lebih optimal dalam menunjang kebutuhan pendidikan di Kampus Tegalboto ini. 

Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum, Prof. Dr. drg. Sri Hernawati, M.Kes. dengan pesan optimasi layanan digital ini bisa membawa perubahan yang signifikan dan ikut pada trend terkini dalam penyajian data dan informasi bagi publik.

Dilanjutkan oleh Kepala UPA Teknologi Informasi dan Komunikasi, Prof. Bayu Taruna Widjaja P., S.TP., M.Eng., Ph.D., menyampaikan bahwa UPA TIK sangat siap dalam menunjang kebutuhan pengelolaan dan optimalisasi layanan digital di Universitas Jember. Prof. Bayu juga menyampaikan bahwa saat ini pengelolaan layanan digital dan website akan dikembalikan ke masing-masing unit supaya lebih leluasa dalam melakukan pengembangan, akan tetapi kontrol infrastruktur tetap dalam kendali UPA TIK sebagai penyedia layanan infrastruktur teknologi bagi fakultas dan lembaga di Unibersitas Jember. Diharapkan, dengan model sekarang ini, masing-masing unit dapat dengan cepat mengadaptasi dan mengembangkan layanan digital dan website seiring berkembangnya teknologi informasi. (techies)